Senin, 30 Maret 2015

PERKEMBANGAN EKONOMI KREATIF

Definisi EKOMOMI KREATIF :

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.


Definisi Industri Kreatif

Menurut Departemen Perdagangan RI industri kretif adalah industri yang  berasal dari pemanfaatan kreatifitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan memberdayakan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Menurut Simatupang (2007) industri kreatif adalah industri yang mengandalkan talenta, keterampilan dan kreativitas yang merupakan elemen dasar setiap individu. Unsur utama industri kreatif adalah kreativitas, keahlian, dan talenta yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual.


14 sektor yang termasuk dalam ekonomi kreatif, yaitu :

1.    Periklanan
2.    Arsitektur
3.    Pasar barang seni
4.    Kerajinan (handicraft)
5.    Desain
6.    Fashion
7.    Film, video, dan fotografi
8.    Permainan interaktif
9.    Musik
10.  Seni pertunjukan
11.  Penrbitan dan percetakan
12.  Layanan komputer dan piranti lunak
13.  Radio dan televisi
14.  Riset dan pengembangan

Karakteristik ekonomi kreatif

Tercatat beberapa hal yang menjadi karakteristik dari ekonomi kreatif:
  • Diperlukan kolaborasi antara berbagai aktor yang berperan dalam industri kreatif, yaitu cendekiawan (kaum intelektual), dunia usaha, dan pemerintah yang merupakan prasyarat mendasar.
  • Berbasis pada ide atau gagasan.
  • Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.
  • Konsep yang dibangun bersifat relatif.


Strategi mewujudkan ekonomi kreatif
1. Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berbasis budaya. Insentif itu mencakup perlindungan produk budaya, pajak, kemudahan memperoleh dana pengembangan, fasilitas pemasaran dan promosi, hingga pertumbuhan pasar domestik dan internasional.
2. Membuat roadmap industri kreatif
3.  Membuat program komprehensif untuk menggerakkan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan SDM, desain, mutu dan pengembangan pasar.
4. Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industri kreatif. Beberapa contoh produk industri kreatif yang dilindungi HKI-nya, di antaranya buku, tulisan, drama, tari, koreografi, karya seni rupa, lagu atau music, dll
5. Pemerintah akan membentuk Indonesian Creative Council yang akan menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif.

6. Pemerintah akan menyelenggarakan lomba Indonesia Creative Idol (ICI) 2008, yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan industri kreatif.

Dengan menggenjot perkembangan industri kreatif di Tanah Air Indonesia, banyak manfaat yang bisa diraih apabila semua pihak yang terlibat di dalamnya serius untuk mebangun ekonommi kreatif, di antaranya:
1. Bisnis UKM makin berkembang sebagian besar UKM bergerak di industri kreatif. Beberapa masalah UKM di Indonesia, seperti pemasaran, promosi, manajerial, informasi, SDM, teknologi, desain, jejaring (networking), dan pembiayaan diharapkan bisa segera teratasi. Alhasil, harapan UKM menjadi penggerak utama perekonomian nasional dengan kontribusi 54% kepada PDB dan pertumbuhan rata-rata 12,2% per tahun pada 2025 bisa diwujudkan.
2. Mengurangi tingkat kemiskinan.
3. Mengurangi tingkat pengangguran.


kesimpulan : perkembangan ekonomi kreatif di indonesia bukan hal yang tabu lagi di dalam prekonomian indonesia,ekonomi kreatif berasal dari kreatifitas,talenta bakat dan bakat antara individu masing-masing,ekonomi kreatif ini mengandalkan sumber daya manusia/SDM sebagai pokok utamanya di dalamnya oleh karena itu perkembangan ekonomi kreatif di indonesia harus kita maksimalkan SDMnya, dengan kita andalkan SDMnya sehingga kita dapat memperoleh hasilnya menjadi perekonomian yang lebih baik lagi dan bisa bersaing dengan mancanegara.

SUMBER: http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_kreatif
http://www.mediapustaka.com/2014/11/makalah-pengembangan-ekonomi-kreatif.html
http://www.academia.edu/7852799/PERKEMBANGAN_EKONOMI_KREATIF_DALAM_ARUS_PEMBANGUNAN_EKONOMI_MODERN_Makalah_Disusun_Oleh_PROGRAM_STUDI_PENDIDIKAN_EKONOMI_FAKULTAS_PENDIDIKAN_EKONOMI_DAN_BISNIS
http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2014/06/22/ekonomi-kreatif-660029.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar